Tips cara mudah mengirim foto liburan lewat Google Foto

Apa yang selalu terjadi saat liburan tiba dan kita berkumpul bersama teman dan keluarga? Bagikan foto. Ya. Apalagi jika Anda adalah fotografer resmi keluarga dan teman. Tentunya Anda dapat meminta untuk mengirimi mereka foto. Untuk itu, kali ini saya akan memberikan tips cara termudah untuk mengirim foto melalui Google Foto.

Cara yang paling umum tentu saja mengirim foto melalui WhatsApp. Khususnya? Eh tunggu sebentar. Bagaimana jika foto liburan banyak dan tidak terlalu banyak yang minta dikirim? Lalu bagaimana jika ada video didalamnya juga?

Hm tentu bisa makan kuota internet kalau tidak dekat WiFi. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan nyaman untuk mengirim foto. Yaitu dengan membagikan album foto cloud.

Apakah kamu tidak percaya? Mari kita lihat langkah-langkahnya.
Bagikan album liburan dengan Google Foto

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk dapat berbagi foto melalui Google Foto. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Google Foto. Kedua, Anda perlu mengunggah foto dan video ke cloud. Ketiga, Anda harus membuat album. Keempat, Anda harus membaginya dengan anggota keluarga atau teman Anda.
Instal Google Foto

Persyaratan pertama sangat sederhana. Jika Anda pengguna Android, aplikasi Google Foto kemungkinan besar sudah ada di ponsel Anda. Jika Anda adalah pengguna iPhone, Anda dapat mengunduhnya dari App Store.
Play Store (Android)
Toko Aplikasi (iOS)
Aktifkan “Pencadangan & Sinkronisasi”

Kemudian Anda mungkin perlu memberikan izin aplikasi untuk mengakses folder foto dan video di telepon dan mengaktifkan “Backup & Sync”.
Cara mengaktifkan Pencadangan & Sinkronisasi

Buka aplikasi Google Foto
Ketuk gambar profil di kanan atas.
Buka bagian Pengaturan Foto.
Buka bagian Pencadangan & Sinkronisasi.
Tekan tuas "Unggah foto & video dari perangkat ini ke akun Google Anda".

Sekarang semua foto dan video yang Anda ambil secara otomatis diunggah ke cloud. Di Android, Anda dapat menyesuaikan lebih lanjut folder mana yang Anda unggah (lihat bagian Folder perangkat cadangan). Sayangnya, iPhone (iOS) tidak memiliki opsi ini (batasan Apple).

Anda juga dapat mengatur kapan foto diunggah. Apakah Anda dapat menggunakan data seluler atau tidak dan dapatkah Anda mengunggah video menggunakan data seluler?
Buat album khusus dan bagikan

Setelah semua foto liburan terupload secara otomatis, yang harus kita lakukan sekarang adalah membagikannya. Bagaimana cara mempermudah berbagi foto liburan? Buat album foto liburan spesial dengan mudah dan bagikan dengan anggota keluarga atau teman.
Cara membuat album di Google Foto

Pilih foto dan video yang ingin Anda buat dalam album.
Tekan tombol + di menu atas.
Pilih Album atau Album Bersama
memberikan judul.
Tekan tombol bagikan.
Pilih kepada siapa Anda ingin mengirim album.

Buat album foto Google
Kirim album foto Google

Pada dasarnya, Foto Google membuat tautan ke album foto ini. Nanti keluarga atau teman baru buka. Anda dapat mengunduhnya jika Anda mau. Jika mereka juga menggunakan Google Foto, mereka selalu dapat melihatnya di halaman Bagikan di aplikasi.
Berbagi foto lebih praktis

Nah Anda bisa lihat. Mengirim album foto di Google Foto lebih nyaman daripada mengirim melalui WhatsApp atau aplikasi perpesanan lainnya.

Lihat juga
WhatsApp menerbitkan daftar iOS yang tidak akan didukung lagi hingga 2022
dalam aplikasi

Anda tidak perlu repot memilih file foto dan mengirimkannya berulang kali. Karena yang Anda kirim hanyalah tautan album foto. Maka file foto juga tidak akan memenuhi ponsel penerima. Apalagi jika penerima juga menggunakan aplikasi Google Foto, mereka selalu dapat melihatnya di halaman Bagikan di aplikasi.

Tentu saja, ini juga berlaku untuk aplikasi cloud lainnya seperti aplikasi Apple Photos, Microsoft OneDrive, atau DropBox. Namun, aplikasi Google Foto sejauh ini adalah yang paling menguntungkan (Anda dapat melihat perbandingan harga penyimpanan cloud).

Sumber :